Families Of September 11: Organisasi Sosial yang Turut Mengambil Bagian Dalam Menghapus Luka Akibat Tragedi WTC 911

Setiap bangsa atau negara pasti memiliki sejarahnya masing-masing. Perjalanan bangsa atau negara yang terukir dalam sejarah itulah yang membuat kayanya budaya dan warisan sebuah bangsa atau negara tersebut. Walau memang tidak semua yang tercatat di dalam sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang membanggakan saja, namun, tetap saja setiap peristiwa yang terjadi baik itu buruk maupun membahagiakan, akan mengukir sejarah yang spesial, orisinil, dan penting bagi sebuah bangsa atau negara. Di dunia ini, setiap negara yang ada memiliki ciri khas dan keistimewaan keberadaannya masing-masing, baik itu negara atau bangsa yang kecil maupun yang besar.

Pada umumnya, sebuah negara atau bangsa yang besar dan maju serta memiliki kekuasaan dan kekuatan yang besar akan sangat mempengaruhi segala sesuatu yang terjadi di dunia dan di negara itu sendiri. Seperti contoh adalah bangsa atau negara Amerika Serikat. Negara Amerika Serikat dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang sangat maju dan besar. Banyak keputusan penting yang di ambil oleh negara Amerika ini dan sangat berdampak terhadap kondisi dunia. Sejarah yang tercatat mengenai bangsa Amerika Serikat ini pun sangat banyak. Begitu banyak peristiwa penting yang terjadi di bangsa ini, ada yang baik dan membanggakan, namun, ada juga peristiwa yang tragis dan mengenaskan.

Salah satu tragedi yang sangat menyesakkan dan meninggalkan luka yang mendalam bagi bangsa Amerika Serikat adalah tragedi World Trade Center yang terjadi pada tahun 2001 tepatnya pada 11 September. Tragedi ini sering disebut dengan tragedi WTC 9/11. Tragedi ini merupakan pembajakan pesawat, terorisme, pembunuhan massal, dan serangan bunuh diri yang terjadi secara bersamaan dalam satu momen tersebut. Tragedi bermula dari sekelompok teroris yang menamakan dirinya Al-Qaeda yang di pimpin oleh Osama Bin Laden. Mereka membajak beberapa pesawat milik Amerika Serikat yang sedang dalam perjalanan penerbangan menuju New York City.

Dua dari sekian banyak pesawat yang mereka bajak, sengaja menargetkan untuk meledakkan dan menghancurkan gedung menara kembar di World Trade Center yang memiliki beratus lantai tersebut. Sekelompok teroris ini menabrakan pesawat yang mereka bajak ke gedung menara kembar WTC tersebut. Alhasil, begitu banyak korban jiwa yang berjatuhan di tragedi ini yang jumlahnya mencapai 2000 lebih. Tragedi ini sangat mengenaskan karena banyak keluarga para korban yang ditinggalkan oleh orang-orang yang mereka cintai dalam tragedi yang menyesakkan ini.

Meskipun kota New York, Amerika Serikat telah mengalami tragedi yang sangat mengenaskan dan menyesakkan ini, tetap saja ada hal baik yang muncul setelah tragedi terjadi. Beberapa orang dan beberapa kelompok yang hati nuraninya terpanggil mulai banyak mendirikan organisasi sosial guna membantu keluarga para korban yang tewas dalam tragedi ini serta warga yang mengalami tragedi ini secara langsung. Mereka membentuk berbagai organisasi sosial yang tidak hanya bertujuan untuk menolong secara materi saja, namun sampai dengan masalah penyembuhan trauma akibat tragedi yang sangat mengerikan ini. Berbagai organisasi sosial ini telah berjalan cukup lama dan dampaknya pun sangat luar biasa karena banyaknya keluarga dari para korban yang tetap bisa melanjutkan hidup mereka dengan bantuan dari berbagai organisasi sosial ini.

Salah satu organisasi sosial yang didirikan adalah Families Of September 11. Organisasi ini tidak hanya memberikan bantuan secara materi namun sampai dengan sesi konseling, konsultasi, dan terapi penyembuhan trauma akibat tragedi WTC 9/11. Bahkan, organisasi sosial ini juga membantu memberikan perlindungan secara hukum bagi warga yang terancam akibat tragedi tersebut. Jika anda ingin mengetahui lebih detail atau ingin terlibat untuk membantu, anda bisa kunjungi situs www.familiesofseptember11.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share